Ini dia Fasilitas yang ada di Perpusnas Jakarta

Hai sobat mlaqu-mlaqu. Yang udah pernah ke Perpusnas Jakarta, pasti tau donk kalo fasilitas pendukung yang ada di sana tuh cukup banyak. Selain sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia, Perpusnas juga sering kali menjadi tempat referensi bagi pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Tentu saja para pengunjung membutuhkan fasilitas-faslitas pendukung agar dapat lebih maksimal mengeksplore Perpusnas.

Perpusnas Jakarta yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat ini terdiri atas 24 lantai dengan 3 lantai basement. Kebayang donk dengan ketinggian segitu tentu dibutuhkan fasilitas lift untuk membawa pengunjung ke tiap lantainya selain juga tersedia tangga manual yang berfungsi sebagai tangga darurat. Untuk lebih lengkap lagi saya akan jabarkan fasilitas apa saja sih yang ada di Perpusnas Jakarta ini, dimulai dari pintu masuk dulu ya.

1. Tempat Mencuci Tangan

Sobat mlaqumlaqu, sebelum kita memasuki lobi utama kita akan mendapatkan beberapa tempat untuk mencuci tangan. Baik dari arah pintu masuk maupun pintu keluar, fasilitas untuk mencuci tangan ini tersedia. Selain tempat mencuci tangan, di beberapa titik juga disediakan hand sanitizer. Walaupun pandemi sudah berganti endemi, tapi sebaiknya kebiasaan mencuci tangan tidak lepas begitu saja.

2. Free WiFi

Begitu kita memasuki lobi depan Perpusnas, kita sudah dapat menikmati fasilitas free WiFi yang jaringannya cukup lancar. Untuk dapat menikmati fasilitas free WiFi ini kita tinggal menyambungkan saja ke gadget kita dengan mengetikkan password "smartlibrary" dan akan langsung terkoneksi. Oiya fasilitas free WiFi ini dapat kita nikmati hingga lantai 24 lho.

3. Toilet

Masih di lobi depan, pengunjung sudah dapat menemukan toilet baik untuk pria dan wanita juga disabilitas. Untuk fasilitas toilet ini juga tersedia di tiap lantai di gedung Perpusnas Jakarta ini, jadi nggak usah khawatir kalau mau ke toilet dan sedang ada di lantai 9 di sana juga ada fasilitas toiletnya.

4. Galeri ATM

Untuk yang ingin melakukan transaksi perbankan melalui ATM, di Perpusnas juga tersedia galeri ATM yang berada di lantai 1 tepatnya di lobi luar. Namun sayangnya baru ada satu mesin ATM yang tersedia.

5. Lobi Luar

Di lobi luar ini selain tersedia galeri ATM juga tersedia kursi dan meja yang dapat dijadikan tempat beristirahat pengunjung sebelum memasuki lobi. Terkadang ada live music yang dipersembahkan oleh karyawan Perpusnas dan mengajak pengunjung untuk berpartisipasi.

6. Parkir mobil dan motor 

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat maupun roda dua dapat memarkir kendaraannya di lantai basement Perpusnas tanpa dikenakan biaya alias gratis dengan menunjukkan surat resmi kepemilikan kendaraan serta kartu anggota Perpusnas.

7. Kafe

Berhubung jam operasional Perpusnas yang cukup panjang, sering kali pengunjung berada di Perpusnas hingga jam makan siang atau bahkan malam. Di Perpusnas menyediakan kafe yang berada di lantai 1 atau lobi dalam dan juga kantin di lantai 4. Ada beragam menu masakan yang ada baik di kafe maupun di kantin. Harganya pun cukup affordable dengan rasa dan pelayanan yang tidak mengecewakan.

Baca juga: Menu di Kafe L Perpusnas, Jakarta

8. Loker

Loker atau tempat penyimpanan tas dan barang-barang lain juga disediakan di Perpusnas Jakarta yang berada di lantai 1 atau lobi utama tepatnya di sebelah kanan ketika kita memasuki lobi. Terdapat 2 ruangan penyimpanan tas atau loker, di mana nanti kita akan diberikan kunci loker dan tas transparan untuk membawa barang-barang pribadi seperti laptop, hape, dompet.

9. Lift dan eskalator

Untuk mencapai fasilitas yang ada mulai dari basement hingga lantai 24, gedung Perpusnas Jakarta menyediakan sarana lift dan juga eskalator. Hanya saja untuk eskalator tersedia mulai dari lantai 1 hingga lantai 4, sedangkan untuk sarana lift terdapat di basement hingga lantai 24.

10. Pusat Informasi dan Pembuatan Kartu Anggota

Sobat mlaqumlaqu yang hendak berkunjung ke Perpusnas dan menggunakan fasilitas di sana sebaiknya untuk mempunyai kartu anggota Perpusnas. Apabila belum memiliki, sobat dapat mendaftarkan diri di loket khusus pembuatan kartu anggota di lantai 2 bersebelahan dengan Pusat Informasi. Oiya, buat sobat yang sudah memiliki kartu anggota tapi masih edisi yang lama juga bisa kok menggantinya dengan kartu yang baru. Caranya gampang, kalian isi aja data nama dan nomer kartu anggota kalian di komputer khusus penggantian kartu stelah itu submit dan kalian akan mendapatkan tiket antrian yang akan dipanggil di meja pembuatan kartu.

11. Ruang Auditorium dan Pameran

Selain membaca dan meminjam buku, berbagai kegiatan dan acara sering juga diadakan di Perpusnas ini baik dari kalangan internal Perpusnas maupun dari kalangan luar. Ada ruang Auditorium di lantai 4 dan ruang Auditorium Theater di lantai 2, serta ruang Pameran di lantai 4 yang dapat dipergunakan untuk berbagai acara. Penggunaan ruangan auditorium ini dapat dilakukan dengan menghubungi pihak terkait di Pusat Informasi.

12. Fasilitas Multimedia untuk Peneliti dan Foto Kopi

Banyak peneliti dari berbagai daerah menggunakan fasilitas Perpusnas, salah satunya fasilitas multimedia yang berada di lantai 3. Di ruangan ini terdapat seperangkat komputer beserta printer yang dapat digunakan untuk mengerjakan project penelitian sobat semua dengan sebelumnya melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk keperluan scan dan foto kopi juga tersedia di lantai 3 ini bersebelahan dengan ruangan multimedia. Untuk lebih lengkapnya bisa di baca di sini: Layanan Multimedia Khusus untuk Peneliti di Perpusnas, Jakarta 

13. Mesjid dan Mushola

Sobat mlaqu-mlaqu yang beragama Islam juga nggak perlu khawatir bila ingin beribadah karena Perpusnas Jakarta menyediakan mesjid dan juga mushola. Untuk mesjid berada di lantai 6, bahkan setiap Jumat juga menyelenggarakan ibadah sholat Jumat berjamaah. Selain di lantai 6 juga ada mushola di lantai 19.

14. Fasilitas khusus anak dan lansia serta disabilitas

Perpusnas bukan hanya dikunjungi oleh orang dewasa tapi juga sebagai salah satu alternatif wisata literasi bagi anak-anak. Selain itu Perpusnas juga dikenal sebagai gedung yang ramah anak, lansia dan disabilitas. Oleh sebab itu Perpusnas Jakarta menyediakan fasilitas khusus untuk anak-anak dan juga lansia serta disabilitas yang berada di lantai 7.

15. Ruang multimedia untuk umum

Kalau di lantai 3 para peneliti yang hendak mengerjakan project penelitiannya dapat menggunakan perangkat komputer, maka untuk umum juga tersedia fasilitas multimedia di lantai 19. Ada puluhan komputer yang dapat pengunjung gunakan dan tentunya harus menjadi anggota Perpusnas terlebih dahulu apabila ingin menggunakan faslitas tersebut.

Demikian faslitas pendukung yang ada di Perpusnas Jakarta. Nah sobat mlaqumlaqu sudah mencoba fasilitas yang mana nih selama berkunjung ke Perpusnas Jakarta? 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.