Review Arjuna Camping Ground di Tajur Halang, Bogor

 Halo sobat mlaqumlaqu. Semoga dalam keadaan sehat semua ya. Karena kesehatan itu penting, jadi mau ngapa-ngapain juga enak kalo dalam keadaan sehat. Salah satunya kalo lagi pengen liburan ke luar kota seperti kemping. Kemping di luar kota dengan pemandangan pegunungan dan udara yang sejuk apalagi bareng keluarga duhh rasanya asyik banget nih. Nah buat sobat mlaqumlaqu yang lagi pengen kemping, saya ada referensi tempat kemping yang oke nih. Lokasinya di daerah Bogor, buat sobat yang berdomisili di Jabodetabek boleh dicoba tempat kemping ini.

Arjuna Camping Ground adalah lokasi perkemahan dengan fasilitas modern dengan luas wilayah hampir 14 hektar di daerah Cijeruk, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat. Area perkemahan ini memang belum lama tapi fasilitasnya cukup lengkap baik untuk perorangan, keluarga maupun untuk acara sekolah atau perusahaan.

Untuk mencapai lokasi perkemahan ini bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Tidak disarankan untuk menggunakan bus karena jalur jalannya yang berliku dan menanjak.Walau ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam, tapi terbayar dengan pemandangan yang indah dan udaranya yang sejuk sepanjang perjalanan.

Arjuna Camping Ground ini awalnya adalah pemukiman penduduk. Pertama kali didirikan perkemahan ini justru dibangun jalan terlebih dahulu karena Pak Arjuna si pemilik perkemahan ini sering mendengar curhatan para petani yang kesulitan membawa hasil panen kebunnya dikarenakan jalanan yang turun naik dan tidak rata hingga banyak hasil panen yang jatuh selama perjalanan. Beliau berasumsi apabila jalanan dibangun maka akan membantu warga setempat membawa hasil panennya yang berarti turut membantu meningkatkan perekonomian warga. 

Barulah setelah jalan dibangun, beliau membangun perkemahan beserta fasilitasnya. Selain membangun area perkemahan tempat tenda-tenda berdiri, beliau juga membangun vila-vila yang ditujukan untuk para pengunjung yaitu ada vila bambu dan vila kayu dengan kapasitas yang berbeda. Untuk tenda-tenda di perkemahan Arjuna ini terdapat tiga tingkatan lokasi tenda dengan 30-40 tenda  yang tiap tendanya dapat menampung hingga 4 orang.


Sedang untuk vila bambu dan vila kayu berkapasitas hingga 10 orang dengan fasilitas tempat tidur dan kamar mandi di dalam. Sedang untuk tenda fasilitas kamar mandinya berada di luar yang dipisahkan antara kamar mandi laki-laki dan perempuan. Oiya untuk tenda, didalamnya sudah terdapat alas tenda dan sleeping bag. Selain tenda dan vila, Arjuna bootcamp juga menyediakan barak dan juga dormitory serta ruangan meeting dengan kapasitas yang lebih besar yang lokasinya berada di bagian belakang.

Pak Arjuna mendirikan Arjuna Camping Ground ini dengan visi healing dan edukasi. Jadi selain menikmati pemandangan area pegunungan dan pepohonan yang menyejukkan, area bootcamp ini juga menjadi pusat edukasi pembinaan mental dan karakter. Oleh sebab itu di area perkemahan ini juga tersedia fasilitas untuk pembinaan mental seperti area latihan halang rintang. Selain itu juga tersedia fasilitas area memanah, berkendara dengan ATV, juga fasilitas menembak dan kolam renang untuk kedepannya.

Untuk jalur tracking, di Arjuna juga tersedia jalur tracking yang tidak terlalu berat dan tentunya didampingi oleh ranger Arjuna bootcamp. Jalur tracking yang saya coba melewati perkemahan lain dan juga perkebunan milik penduduk serta sungai Purba yang sayangnya airnya kering. Jalur yang saya lewati merupakan jalur yang dulunya sering dilalui para pendaki untuk mencapai Gunung Salak, namun kini banyak pendaki yang mengambil jalur lain yaitu Kawah Putri.

Beberapa instansi dan sekolah menjadikan Arjuna bootcamp ini sebagai tempat mereka melakukan pembinaan mental dan karakter untuk siswa dan juga karyawannya. Selain menyediakan fasilitas menginap, Arjuna bootcamp juga menyediakan menu masakan yang bisa dipesan dengan menu ala rumahan. Buat sobat mlaqumlaqu yang ingin menjadikan Arjuna camping ground ini sebagai lokasi bootcamp bersama keluarga bisa menghubungi pihak Arjuna melalui akun instagram @arjunabootcamp.






1 komentar

  1. Wah menarik berkemah di sana. Biayanya berapa? Kalau sewa peralatan ada juga? Toilet dan air bersih gimana?

    BalasHapus

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.