Rekomendasi Tempat Piknik Asyik Gratis di Jakarta

 Hola sobat mlaqumlaqu, ada yang suka piknik? Biasanya kalo piknik ke mana, sob? Cari tempat yang agak jauhan atau yang dekat-dekat aja yang penting tempatnya nyaman dan pastinya nggak pake tiket masuk alias gratis? Kalo yang gratisan kayaknya banyak juga ya sobat mlaqumlaqu yang pengen, apalagi kalo lokasinya juga dekat dan mudah dijangkau.

Nah kali ini saya mau rekomendasiin tempat piknik asyik yang nggak cuma oke tempatnya tapi juga pastinya gratis dan masih di sekitaran Jakarta. Buat saya tempat piknik itu harus memenuhi kriteria seperti ini:

  • Lokasi mudah di jangkau, baik pakai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Misalkan pake kendaraan pribadi, tempat tersebut harus menyediakan lahan parkir yang memadai dan aman.
  • Lokasinya cukup luas dengan banyaknya pepohonan yang rindang, jadi kalau mau istirahat gampang dan adem.
  • Fasilitas umum tersedia, seperti toilet, tempat cuci tangan, mushola, stall jajanan. 
  • Free entry alias nggak pake tiket masuk. Misalpun pake tiket masuk tapi cukup affordable dan sesuai dengan tempat dan fasilitas yang didapat oleh pengunjung.
Dengan kriteria tersebut, ternyata saya menemukan lho tempat piknik yang lokasinya ada di sekitaran Jakarta. most of them sih ada di pusat Jakarta ya, sob. Jadi kayak piknik di tengah hutan kota gitu deh. Ke lima tempat yang menurut saya cukup reccomended untuk dijadiin tempat piknik, yaitu sebagai berikut:

1. Hutan kota GBK

Tempat pertama yang saya rekomendasikan sebagai lokasi piknik yaitu Hutan Kota GBK yang lokasinya berada di dalam wilayah Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Hutan kota yang telah direvitalisasi ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB dan tidak dipungut bayaran.

Dari segi lokasi, Hutan Kota GBK ini cukup mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Walau berada di tengah kota, tapi dengan pepohonan yang rindang cukup sebagai alternatif ruang publik yang di tengah serbuan mal-mal dan kafe-kafe.

Baca juga: Piknik di Hutan Kota GBK

2. Taman Langsat


Taman satu ini lokasinya masih di Jakarta juga, tepatnya di Jalan Barito, Kramat Pela. Dengan jam buka mulai dari jam 6.00-18.00 WIB, Taman Langsat menjadi salah satu tempat untuk piknik gratis di perkotaan. Banyaknya pepohonan yang rindang dan tamannya yang luas serta adanya kolam teratai dengan aliran sungai di dekatnya membuat pengunjung merasa nyaman untuk sekedar duduk-duduk menikmati udara sejuk. Luas taman 3,6 hektar ini juga dilengkapi jogging track sepanjang 750 meter. 

Selain cocok untuk mengadakan piknik di taman ini, banyak juga pengunjung yang memanfaatkan keindahan Taman Langsat ini untuk berfoto dengan latar belakang pepohonan dan spot foto lainnya yang gak kalah menarik termasuk spot foto jembatan yang cukup terkenal. Di taman ini juga menjadi tempat penampungan bibit pohon ini dan tempat penyuluhan tentang tanaman. Oiya berdekatan dengan Taan Langsat ini yaitu pasar burung Barito.

3. Ecopark Tebet

Buat warga sekitaran Tebet, siapa yang nggak kenal dengan Ecopark Tebet yang dulu dikenal dengan nama Taman Honda. Baru tahun lalu resmi dibuka untuk umum setelah mengalami revitalisasi dengan menambah berbagai fasilitas pendukung. Ecopark Tebet ini cocok juga untuk dijadikan tempat piknik. Selain wilayahnya yang luas, Ecopark Tebet ini juga menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak dan juga untuk berolahraga.

Kedua belah taman ini dihubungkan dengan jembatan yang menambah minat warga untuk mengunjungi dan melakukan berbagai kegiatan di tempat ini salah satunya piknik bersama keluarga, kerabat dan juga teman. Untuk dapat mengunjungi dan menikmati fasilitas yang ada di Ecopark Tebet ini, pengunjung diharuskan melakukan pendaftaran secara online dan tentunya tidak dipungut bayaran. Untuk jam operasional Ecopark Tebet ini yaitu mulai pukul 06.00-16.00 WIB.

4. Taman Literasi Martha Tiahahu

Taman Literasi Martha Tiahhahu ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Melawai, Jakarta Selatan dan baru saja selesai direvitalisasi. Taman seluas 20.960 meter persegi ini sudah berdiri sejak 1948 yang dibuka setiap hari mulai pukul 7.00-20.00 WIB setelah selesai direvitalisasi dan tentunya tidak dipungut bayaran alias gratis bagi pengunjung. Berbagai fasilitas pendukung yang ada di taman ini dibangun untuk kenyamanan pengunjung antara lain adanya fasilitas toilet, mushola, tempat parkir sepeda. Menariknya taman ini juga menyediakan perpustakaan yang menyediakan berbagai buku bacaan untuk dibaca di tempat. Untuk dapat menggunakan fasilitas di perpustakaan ini, pengunjung diharapkan untuk mengisi buku tamu dengan menscan barcode yang ada di meja registrasi. di dalam perpustakaannya ini terdapat fasilitas wifi, sofa, meja, karpet, bean bag, hingga colokan.

Taman ini cukup dekat dengan terminal bus Blok M dan juga stasiun MRT. Jadi buat kalian sobat mlaqumlaqu yang ingin berkunjung ke taman ini dapat menggunakan transportasi umum tersebut. Taman hijau yang ada di taman literasi ini cukup nyaman dan rindang untuk berpiknik bersama keluarga dan kerabat. Di taman tersebut juga disediakan permainan anak, jadi buat yang membawa anak-anak bisa sekalian mendampingi putra-putrinya bermain. Beberapa area di taman ini cocok untuk dijadikan tempat duduk-duduk dan nongkrong bareng. Sementara di bagian tengah terdapat Amphitheatre dengan bangku panjang yang kalau malam hari diterangi lampu-lampu dengan pemandangan kereta MRT yang melintas di atasnya.


Masih ada beberapa lokasi taman dan hutan kota yang bisa dijadikan alternatif tempat piknik yang gratis di Jakarta. Next akan saya sambangi dan saya ulas di sini.


1 komentar

  1. Samaan 😂 senang banyak tempat piknik di Jakarta yang gratis. Bawa bekal sendiri, kumpul dengan keluarga dan teman-teman makin seru piknik di taman.

    Btw, dibanding hutan kota GBK aku lebih suka GBK City Park.

    BalasHapus

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.