Cara Murah Naik Kereta Lokal dari Jakarta ke Bandung PP

 Hola sobat mlaqumlaqu, siapa yang suke bepergian dengan kereta api? Kereta api jadi salah satu transportasi umum favorit saya terutama untuk perjalanan jauh. Selain tiketnya terjangkau, pilihan waktu keberangkatan dan juga jenis keretanya juga sangat variatif. Apalagi kereta api mempunyai jalur khusus, jadi bisa lebih menghemat waktu karena terhindar dari kemacetan dibanding dengan kendaraan umum lain, bus misalnya.

Sejak saya mulai kuliah di luar Jakarta, kereta menjadi transportasi pilihan utama saya ketika hendak pulang. Apalagi dulu saya jarang bepergian jauh, jadi menggunakan kereta memberikan rasa aman buat saya dan juga orang tua saya yang melepas anak putrinya bepergian jauh sendirian. Ditambah lagi sekarang kereta api mengalami perubahan yang sangat pesat dibanding ketika saya kuliah dulu. Di setiap relasi dan jenis kereta baik itu kereta commuter line atau KRL, kereta jarak jauh maupun kereta lokal fasilitas pendingin udara selalu ada. Kebersihan dan keamanan setiap gerbong juga terjamin dengan adanya petugas kebersihan dan keamanan yang standby.

Begitu pula dengan harga tiket yang tersedia juga variatif tergantung relasi mana yang akan sobat pilih untuk stasiun tujuannya. Seperti ketika saya bepergian ke Bandung dari Jakarta atau sebaliknya ke Jakarta dari Bandung. Beberapa kali saya sudah mencoba naik kereta tujuan Bandung, baik yang ekonomi maupun yang eksekutif. Nah ternyata ada nih cara yang lebih murah naik kereta lokal dari Bandung menuju Jakarta. 

Cara murah naik kereta lokal dari Jakarta ke Bandung 

Beberapa waktu lalu, saya ada kerjaan ke Bandung dan seperti biasa saya menggunakan kereta. Namun kali ini saya ingin mencoba menggunakan kereta lokal menuju Bandung. Emang bisa ya? Bisa donk, sob dan tau gak biayanya lebih murah lho. Tapi kalian harus menyiapkan waktu lebih karena akan melakukan transit dari beberapa stasiun. Ok, lets start the trip.

Perjalanan saya di mulai dari stasiun Manggarai menuju stasiun Cikarang, stasiun terdekat dengan tempat tinggal saya. Untuk itu kalian harus menyediakan kartu elektronik seperti kartu Commet dari PT KAI, Jaklingko Pemda DKI Jakarta, Flazz BCA, Emoney Mandiri, Brizz BRI dan masih banyak lagi agar dapat membayar tiket kereta dengan mentap kartu di pintu masuk. Selain kartu elektronik, kita juga dapat menggunakan aplikasi pembayaran untuk memasuki stasiun dan menggunakan kereta KRL.

Dari stasiun Manggarai, saya menuju jalur 6 atau 7 jurusan Cikarang di mana perjalanan dari Manggarai menuju Cikarang memakan waktu sekitar 45 menit. Setiba di stasiun Cikarang saya menuju pintu keluar dan mentap kartu elektronik serta bergegas menuju loket kereta lokal untuk membeli tiket kereta Walahar Ekspress jurusan Cikarang-Purwakarta sebesarRp4.000. Selain membeli tiket di loket, kita juga dapat membeli tiketnya secara online melalui aplikasi KAI Access. Perjalanan dari Cikarang menuju Purwakarta sekitar 1 jam 40 menit. Sepanjang perjalanan saya disuguhi pemandangan persawahan yang menyejukkan mata. Buat yang suka bikin konten foto atau video, gak usah khawatir kehabisan batere gawainya karena kereta Walahar Ekspress ini menyediakan colokan di tiap baris tempat duduk.

Setiba di stasiun Purwakarta jam menunjukkan pukul 13.02 sedangkan kereta selanjutnya yang akan membawa saya menuju stasiun Bandung itu jam 16.10. Cukup waktu untuk makan siang dan berkeliling mengeksplore Purwakarta dan sekitarnya. Pukul 15.00 loket dibuka saya segera mengantri untuk membeli tiket kereta Garut Cibatuan seharga Rp8.000. Oiya, tiket kereta lokal ini kita bebas memilih tempat duduknya, ya sob. Untuk jenis tempat duduknya yaitu 2-2 dan 3-3 berhadapan. 

Perjalanan menuju stasiun Bandung ini memakan waktu sekitar 2 jam 50 menit dengan berhenti di stasiun Stasiun Ciganea, Stasiun Sukatani, Stasiun Plered, Stasiun Cikadongdong, Stasiun Rendeh, Stasiun Maswati, Stasiun Sasaksaat, Stasiun Cilame, Stasiun Padalarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Cimindi, dan  Stasiun Bandung. Total perjalanan saya mulai dari stasiun Manggarai hingga stasiun Bandung berikut transit kurang lebih 8 jam dengan total biaya tiket kereta Rp17.000, cukup murah gak sih?

Bandung Jakarta naik kereta lokal cuma Rp17 ribu

Nah kalo sebaliknya gimana nih sobat mlaqumlaqu? Yup, saya kembali mencoba menggunakan kereta lokal untuk kembali ke Jakarta, namun kali ini saya sudah memesan tiketnya secara online melalui aplikasi KAI Access. Untuk menggunakan kereta lokal Garut Cibatuan ini saya menaikinya dari stasiun Kiara Condong, lokasi terdekat dengan saya tinggal sewaktu di Bandung dengan tiket sebesar Rp8.000. Dari stasiun Kiara Condong kereta Garut Cibatuan ini akan berhenti di berhenti di stasiun Cikudapateuh, Bandung, Cimindi, Cimahi, Padalarang, Cilame, Sasaksaat, Maswati, Rendeh, Cikadongdong, Plered, Sukatani, Ciganea dan berakhir di stasiun Purwakarta.

Saya memilih jam keberangkatan siang hari pukul 13.40 dengan perjalanan sekitar 3 jam 15 menit untuk tiba di stasiun Purwakarta. Harapannya di siang hari itu saya akan dapat menikmati pemandangan yang menyegarkan mata. Oiya, sob..walaupun kereta Garut Cibatuan ini termasuk kereta lokal jenis ekonomi tapi peminatnya cukup banyak karena hampir di tiap stasiun kereta berhenti ada saja penumpang yang naik dan turun.

Sesampai di Purwakarta saya kembali turun untuk menscan tiket kereta online Walahar Ekspress yang saya beli sebelumnya sebesar Rp4.000 dengan tujuan Purwakarta-Cikarang. Beruntungnya saya tetap mendapatkan tempat duduk walaupun penumpang saat itu penuh. Selang keberangkatan kereta Walahar Ekspress dengan tibanya kereta Garut Cibatuan tidak begitu lama sekitar 30 menit. Pukul 19.10 atau 1 jam 25 menit kemudian kereta Walahar Ekspres yang saya tumpangi berhenti di stasiun Cikarang. Bergegas saya keluar pintu dan berpindah ke jalur KRL setelah sebelumnya mentap kartu elektronik untuk menaiki kereta KRL jurusan Manggarai. Total perjalanan saya dari stasiun Kiara Condong ke stasiun Manggrai sekitar 5 jam, lebih cepat karena transit yang cepat dibanding ketika dari Manggarai menuju Bandung. Sedang biaya yang saya keluarkan untuk tiket kereta lokal yaitu sebesar Rp17.000, jadi perjalanan pergi pulang Jakarta Bandung hanya Rp34.000, murah gak sob? Ada yang mau coba juga?




2 komentar

  1. Belum pernah naik kereta lokal begini kalo ke Bandung mba 😅. Tapi murah sih ya memang... Sbnrnya aku juga lebih suka naik KA skr ini, apalagi tiket pesawat naik, dan KA menurutku udh nyaman bangetttt. Kemarin naik KA eksekutif dari JKT ke Jogja, aku seneng. Malah jadi pengen ntr cobain yg sampe Surabaya.

    Nah ke Bandung aku juga udh kepikiran mau naik KA aja, soalnya macet bgtttt skr naik mobil. Suami juga udh agak kapok ke Bandung kalo bawa mobil 😅. Capeeek.mendingan di sana aja sewa mobil, tapi berangkatnya ttp naik KA

    BalasHapus
  2. Berpetualang dan gak dikejar waktu memang enak ya. Walau capai juga harus ganti kereta beberapa kali

    BalasHapus

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.