5 Makanan Khas Kudus yang Bikin Kangen

 Halo sobat mlaqumlaqu, pripun kabare? Wuih tumben banget ya saya menyapa pakai bahasa Jawa,hehehe. Sekali-kali nggak papa ya menyapa sobat semua dengan bahasa Jawa walau cuma di awal aja. Bagaimanapun saya keturunan Jawa, almarhum bapak saya berasal dari Kudus, Jawa Tengah dan almarhum ibu saya berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Tapi saya tetap Warga Negara Indonesia dan cinta Indonesia tanpa membeda-bedakan suku bangsa.

Ngomongin soal kota Kudus nih, saya lagi kangeeennn banget dengan kota asal bapak saya tersebut. Udah puluhan tahun saya nggak berkunjung ke kota Kudus. Terakhir kali tuh kalo nggak salah sewaktu saya masih kuliah di Jogja dan itu udah lama banget, sob. Saya ingat banget, kalau lagi main ke Kudus tuh almarhum Pakde saya suka banget ngajak saya keliling nyobain makanan khas Kudus.

Kebetulan sekali beberapa waktu lalu diadakan Kudus Festival di Museum Satria Mandala, Jakarta. Di acara tersebut berkumpul warga Kudus yang ada di Jakarta dan sekitarnya juga digelar beragam acara termasuk juga hidangan khas Kudus dan aneka kerajinannya. Tentu saja kesempatan ini tidak saya sia-siakan, mumpung saya lagi kangen-kangennya dengan kota kelahiran almarhum bapak dan juga kangen makanan khas kota Kudus.

5 Makanan khas Kudus yang bikin kangen

Di acara Kudus Festival yang digelar selama 2 hari ini menghadirkan UMKM kota Kudus dengan aneka macam produk, mulai dari makanan khas Kudus, kerajinan produk UMKM, talkshow kuliner hingga pentas seni dan budaya yang ditampilkan. Ada banyak sekali kuliner atau makanan khas kota Kudus, Alhamdulillah yang saya kangenin itu ada, yaitu antara lain:

1. Soto Kudus atau soto kerbau

Soto Kudus ini terkenal banget sebagai makanan khas kota Kudus dan menjadi favorit saya sejak kecil. Dulu almarhumah ibu sering banget masak soto Kudus dan beliau belajar dari almarhumah nenek, ibu dari almarhum bapak. Soto Kudus tuh kuahnya bening, biasanya dihidangkan dalam mangkuk kecil dengan nasi di dalamnya. Selain tauge, daun bawang, dan bawang putih goreng, yang menjadi ciri khasnya yaitu daging kerbau. Ada sejarahnya kenapa soto Kudus menggunakan daging kerbau dan bukan daging sapi seperti soto lainnya. Singkat cerita pada jaman Sunan Kudus, beliau menghormati rakyatnya yang masih beragama Hindu yang tidak memakan daging sapi, maka digantilah dengan daging kerbau.

2. Nasi opor sunggingan

Pakde dulu cerita bahwa nasi opor sunggingan ini merupakan makanan favorit anggota keluarga Sunan Kudus. Biasanya nasi opor sunggingan ini jadi hidangan utama di acara tradisi jamasan keris Sunan Kudus di Menara. Yaitu tradisi penyucian atau pembersihan peninggalan Sunan Kudus, salah satu hidangannya yaitu nasi opor sunggingan ini. Uniknya lagi opor ini dimasak dengan dibakar oleh karena itu opor sunggingan di kenal juga dengan Opor Gosong.

Nasi opor sunggingan yaitu nasi yang diberi potongan daging ayam yang disiram dengan kuah opor dan sambal goreng tahu. Biasanya dihidangkan dalam pincuk daun dan sendok suru yang terbuat dari daun pisang.

3. Nasi pindang kerbau

Nasi pindang kerbau ini tampilannya seperti rawon berwarna gelap karena menggunakan bumbu kluwak. Potongan daging kerbau yang empuk diberi siraman santan encer dan ditambah daun melinjo muda. Duh kalau udah ketemu nasi pindang kerbau ini bikin selera makan auto naik dan jadi nambah.

4. Nasi jangkrik daun jati

Masih menggunakan daging kerbau sebagai isian dari nasi jangkrik yang dimasak selama kurang lebih empat jam agar empuk dan bumbu meresap. Bumbu yang digunakan yaitu cabai, bawang putih, lengkuas, santan yang dimasak bersamaan. Uniknya nasi jangkrik ini dibungkus dengan menggunakan daun jati dan diikat tali jerami.

5. Garang asem

Kalau mendengar kata Garang asem, banyak yang membayangkan makanan berkuah coklat dengan isi potongan daging ayam yang asam, segar, manis. Tapi berbeda dengan Garan asem khas Kudus yang merupakan makanan berupa potongan daging ayam yang dibumbui dengan irisan belimbing sayur, tomat, cabe hijau, daun salam dan lengkuas dan dibungkus daun pisang.

Selain menghadirkan ke lima masakan khas Kudus yang jadi favorit saya ini, di acara Kudus Festival itu juga terdapat aneka camilan khas Kudus seperti kopi khas Gunung Muria, jenang Kudus, geplak, hawuk-hawuk, tape ketan, ladu, madu mongso, dan es gempol pleret. Adapun produk UMKM yang hadir yaitu kain batik dengan motif khas Menara Kudus, kebaya dan kemeja yang dibordir, juga aneka produk kerajinan dari kayu seperti biola.

Nah sobat mlaqumlaqu, dari ke lima jenis makanan khas kota Kudus ini, mana nih yang udah pernah kalian cicipi dan jadi favorit kalian, sob? Share yuk di kolom komen.


1 komentar

  1. Garang asam dan soto Kudus aja yg aku pernah coba mba. Penasaran Ama yg lain. Aku baru sekali ke Kudus, waktu itu kebetulan lagi mudik ke solo, dan om ada yg tinggal di Kudus. Jadi kami samperin.

    Soto Kudus itu tapi rasanya beda2 Yaa 🤣. Aku tuh sempet sukaaa bgt Ama soto Kudus yg dijual Deket kantor pas msh di pondok indah. Penjualnya orang Kudus. Enaak bgt. Gurih, pas lah semuanya. Tapi kemudian tempat ya jualan di bersihin jadi pindah ga tau kemana 😔.

    Terus pas ke Kudus aku cobain deh sotonya, tapi rasanya agak aneh aja, cendrung manis bukan gurih. Makanya aku agak bingung.

    Kalo garang asam aku suka, seger soalnya. Asisten mama dulu sering bikin juga.

    BalasHapus

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.