7 Spot Foto Instagramable dan Gratis di Sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta Pusat

 Hai sobat mlaqumlaqu, apa kabar? Ada yang suka hunting spot foto untuk diposting di sosial media? Saya juga suka nih, sob..apalagi kalo spot fotonya itu gratis dan mudah dijangkau dengan transportasi umum. Jadi selain ada urusan atau keperluan di tempat tersebut, bisa sekalian mengumpulkan stok foto untuk keperluan konten.

Di Jakarta sendiri ada banyak spot foto yang menarik untuk dikunjungi dan cukup viral. Biasanya kalau masih viral, akan banyak pengunjung yang mendatangi lokasi spot foto tersebut untuk berswa foto. Sebut saja sky deck atau anjungan yang ada di atas halte Bunderan HI yang sebulan lalu resmi dibuka dan banyak dikunjungi. 

Selain sky deck halte Bunderan HI, masih ada beberapa lokasi yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Kali ini saya rekomendasikan 7 spot foto instagramable dan gratis yang cocok untuk berswa foto dan diposting di sosial media sobat semua.

7 Spot Foto Instagramable dan Gratis di Jalan Sudirman, Jakarta

Jalan Jenderal Sudirman yang membentang sepanjang kurang lebih 4km ini berada di perbatasan antara wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Mulai dari Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat hingga Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Saya mulai spot pertama dari arah Senayan hingga di Bunderan HI.

1. Hutan Kota GBK

Hutan kota yang berada di area Gelora Bung Karno, Senayan ini menjadi alternatif masyarakat untuk melakukan aktifitas di ruang terbuka. Di hutan GBK ini kita dapat menikmati pepohonan diantara gedung-gedung pencakar langit. Walaupun tidak dipungut bayaran alias gratis tapi fasilitas di hutan kota GBK ini cukup memadai, seperti tersedianya mushola, toilet, jogging track dan juga beberapa stand penjual makanan dan minuman.


Pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam area hutan kota GBK, tapi diharapkan dapat turut menjaga kebersihan di area tersebut. Untuk menjangkau lokasi hutan kota GBK ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi dan tersedia lahan parkir di sekitar area hutan kota GBK atau bisa juga dengan menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta dan MRT serta turun di halte atau stasiun GBK.

2. JPO Karet Pinisi

Dari hutan kota GBK yang berada di Senayan, sobat dapat lanjut nih ke arah Sudirman Karet, tepatnya lokasi spot foto ke dua yaitu JPO Karet Pinisi. Kalau sobat menggunakan transportasi umum bus TransJakarta atau MRT kalian dapat berhenti di halte TransJakarta Karet Sudirman atau di stasiun Bendungan Hillir.

JPO atau Jembatan Penyebrangan Orang yang berada di Karet Sudirman ini merupakan salah satu JPO yang banyak dikunjungi masyarakat karena berdisain unik terinspirasi dari kapal Pinisi. Bentuk kapal Pinisi terlihat di bagian atas di anjungan atau sky deck JPO tersebut. Dengan dikelilingi gedung pencakar langit, JPO Karet Pinisi ini menjadi spot foto yang sayang untuk dilewatkan, apalagi di malam hari dengan lampu-lampu hias yang meneranginya.

3. Chillax

Tidak jauh dari JPO Karet Pinisi, kalau sobat berjalan kaki menuju arah Monas, sobat akan bertemu dengan salah satu tempat nongkrong atau hangout warga Jakarta yang sedang viral. Yup, Chillax namanya, salah satu area komersil yang memiliki konsep seperti di Eropa dengan berbagai sudut yang artistik dan instagramable. 

Area komersil Chillax ini diisi oleh 25 tenant F&B dan juga ruang fungsional seperti aula yang dapat disewa oleh pengunjung untuk berbagai kegiatan. Untuk mencapai area komersil ini sobat dapat menggunakan transportasi MRT dan turun di stasiun Setiabudi Astra.

4. Terowongan Kendal dan area MRT Dukuh Atas

Ada yang tahu lokasi Citayem Fashion Week yang sempat viral beberapa bulan lalu di area stasiun MRT Dukuh Atas? Di lokasi tersebut terdapat spot foto yang ramai dikunjungi pengunjung dan bahkan menjadi salah satu catwalk dadakan. Area stasiun MRT Dukuh Atas mendadak heboh dan dikenal dengan sebutan Citayem Fashion Week dengan adanya keberadaan Jeje dan Bonge serta teman-temannya yang berlaga bak model untuk unjuk gigi dengan cara mereka berpakaian.

Selain area MRT Dukuh Atas, sobat mlaqumlaqu dapat menemukan Terowongan Kendal yang juga sering dijadikan spot foto dan ajang kreatifitas seni. Lokasi Terowongan Kendal ini berada di antara area stasiun MRT Dukuh Atas dan stasiun KRL Sudirman dan stasiun bandara BNI City. Sangat mudah untuk mencapai lokasi tersebut dengan adanya stasiun MRT, stasiun KRL dan tentunya halte TransJakarta Tosari.

5. Skydeck Halte Tosari dan Bunderan HI

Direvitalisasinya beberapa halte TransJakarta termasuk diantaranya halte Tosari dan Bunderan HI. Kedua halte tersebut dibangun dengan lebih megah dan sama-sama memiliki skydeck atau anjungan yang menghadap area Bunderan HI. Skydeck ini mampu menyedot animo masyarakat untuk mengunjungi dari dekat untuk berswa foto baik sendiri, berdua bahkan juga rombongan.

Menyuguhkan pemandangan gedung-gedung dan juga beberapa hotel di area tersebut serta Patung Selamat Datang membuat sayang untuk tidak mengabadikannya. Apalagi bila menjelang senja dihiasi semburat sinar matahari terbenam dan berganti dengan cahaya lampu membuat pemandangan di skydeck halte Tosari dan Bunderan HI menjadi semakin indah. Untuk menjangkau kedua skydeck ini kita harus memasuki halte dengan menggunakan kartu elektronik, karena lokasi skydeck ini berada di dalam halte TransJakarta.


6. Bunderan Hotel Indonesia (HI)

Siapa yang nggak kenal Bunderan HI, salah satu icon kota Jakarta yang setiap minggu dengan car free day nya ini hampir selalu dipadati pengunjung untuk melakukan kegiatan di ruang publik baik itu berolahraga, berjualan maupun melakukan berbagai aksi seni dan lainnya.
Bunderan HI tidak pernah sepi dari pengunjung, baik yang hanya sekedar datang untuk duduk santai atau sekedar melintas untuk melanjutkan perjalanan. Bunderan HI terlalu sayang untuk dilewatkan untuk berswa foto dan di Bunderan HI juga saya bertemu dengan salah satu fotografer jalanan yang mengais rejeki dengan menawarkan jasanya.

7. Sarinah

Tidak jauh dari Bunderan HI terdapat salah satu gedung pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang dibangun di masa pemerintahan Presiden RI Pertama Bung Karno. Sarinah, merupakan gedung pusat perbelanjaan pertama yang namanya diambil dari nama ibu pengasuh Bung Karno. Berdiri tahun 1962, Sarinah yang telah mengalami renovasi ini akhirnya dibuka kembali pada Maret 2022 lalu dan menjadi satu-satunya mal atau pusat perbelanjaan pertama yang berstatus cagar budaya.
Penampakan gedung Sarinah kini terlihat lebih fresh,modern tapi tetap tidak menanggalkan kesan heritage. Di dalam gedung Sarinah ini terdapat eskalator pertama di Indonesia, relief Presiden RI Bung Karno dan juga kolam pantul yang menjadi spot foto instagrmabale. Banyak ruang terbuka di gedung SArinah ini yang dpaat dimanfaatkan oleh pengunjung, salah satunya adanya skydeck untuk pergelaran dan ruang amphiteater.

Nah sobat mlaqumlaqu, dari ke 7 spot foto ini, sudah berkunjung dan berswa foto di mana saja?



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.