Kangen Masakan Kampung? Ke RM Prazman Gunung Sindur, Bogor Aja!

Halo sobat mlaqumlaqu, apa kabar? Kalian suka masakan kampung ngga, sih? Itu lho, menu masakan rumahan yang biasa di masak oleh orang tua kita dulu di kampung.

Menu masakan kampung ini biasanya dari bahan-bahan sederhana yang setelah diolah jadi masakan yang lezat. Jadi inget, dulu tuh almarhumah ibu suka masak tumis sayur pare(paria) atau sayur daun pepaya. Iih kan itu pait semua. Emang sih, tapi kalo yang ngolahnya pinter duuh masakan itu jadi enak dan bikin nambah lho.

RM Prazman Gunung Sindur, Bogor 
Selain daun pepaya, ternyata ada banyak lagi daun-daunan yang juga bisa dimasak atau jadi lalapan seperti daun poh-pohan, daun mede, kemangi, kembang turi dan masih banyak lagi.

Kalau lagi makan masakan kampung gini, saya ngebayanginnya berbagai menu masakan dihidangkan di meja panjang dan kita mengambil sesuai selera, kayak prasmanan gitu, lho sobat mlaqumlaqu.

Prazman, rumah makan masakan kampung di Gunung Sindur Bogor 

Nah, pas banget nih sobat mlaqumlaqu, saya berkesempatan nyicipin menu ala prasmanan masakan kampung di salah satu rumah makan di daerah Gunung Sindur, Bogor. Rumah makan prasmanan itu adalah Prazman, rumah makan masakan kampung yang dikelola oleh Pak Amir Yudistira bersama istri.

RM Prazman Gunung Sindur, Bogor.

Pak Amir, pengelola RM Prazman Gunung Sindur, Bogor.

RM Prazman, milik Ni Made Sri Andani atau akrab disapa mbak Dani ini awalnya rumah makan Padang. Oleh sebab itu layout warungnya keliatan seperti rumah makan Padang. Memang dulunya menghidangkan menu masakan Padang, namun karena satu dan lain hal akhirnya putar haluan jadi rumah makan Prazman.

RM Prazman masakan kampung yang berlokasi di Jalan Atma Asnawi No. 1, Gunung Sindur, Bogor ini berada di pinggir jalan. Posisinya persis bersebrangan dengan perumahan Paradise City Serpong 2 dan berjarak sekitar 100 meter dari kantor Kecamatan Gunung Sindur.

Nyicipin masakan kampung di RM Prazman Gunung Sindur, Bogor 

Dengan konsep prasmanan, RM Prazman ini  mempersilahkan pelanggan untuk memilih sendiri menu masakan yang ada sesuai selera. Selain hidangan tumis-tumisan, di RM Prazman ini juga menyediakan menu makanan berkuah dan juga aneka pepes.

Selain tersedia area parkir untuk kendaraan bermotor, RM Prazman ini juga menyediakan toilet dan ruang kecil untuk sholat yang cukup bersih dan nyaman. Juga ruangan dengan meja dan kursi yang cukup luas yang dapat menampung sekitar 50 pengunjung.

Menu masakan kampung khas Nusantara 

Ketika saya dan teman-teman berkunjung ke RM Prazman ini, saya tertarik untuk mencicipi menu tumis daun pepaya. Walau masih terasa pahit, tapi ada rasa gurih dari bumbu yang digunakan. Selain itu tersedia juga tumis kembang turi, tumis oncom dan leunca,pecak jengkol, tumis jantung pisang, sayur rebung (bambu muda), oseng genjer, terong balado dan tumis bunga pepaya. Untuk tumis pare bergantian dengan tumis daun pepaya.

Terong balado (atas), tumis kembang turi (bawah)

Tumis kacang panjang (atas), sayur rebung (bawah)

Saya sendiri selain mencicipi tumis daun pepaya,juga tumis oncom dan leunca, serta tumis kembang turi. Oiya, sobat mlaqumlaqu, untuk hidangan berkuah, RM Prazman menyediakan sop sayuran, sop Iga dan sayur asem. Ketiga hidangan berkuah ini juga bergantian tersedia setiap harinya.

Pecak gurame (atas), tumis oncom leunca (bawah)

Pecak jengkol (atas), urap (bawah)

Selain menu tumisan dan sayuran berkuah, RM Prazman juga menyediakan pepes ikan mas, pecak gurame, pepes jamur dan juga pepes tahu. Mereka juga menyediakan ayam goreng, tahu dan tempe goreng, aneka sambal dan tentunya aneka lalapan seperti selada, daun kemangi, timun, daun poh-pohan dan juga daun mede yang bergantian setiap harinya tergantung ketersediaan di pasar. 

Aneka pepes

Aneka lalapan 

Senangnya makan di RM Prazman ini, masakannya sehat, lezat, segar dan ngangenin serta dilayani dengan ramah tamah. Setiap hari selalu saja ada salah satu masakan yang jarang ditemukan di kota secara bergantian, seperti tumis genjer, tumis kembang turi, tumis bunga pepaya, daun mede dan yang lainnya.

Nikmatnya masakan kampung RM Prazman bersama teman.

Dengan jam operasional dari jam 9.00-20.00 WIB, RM Prazman berusaha selalu menghidangkan masakan yang fresh. Mereka juga menerima pesanan berupa nasi box sesuai selera pemesan. Makan di RM Prazman jadi mengingatkan saya akan masakan kampung yang biasa ibu masak. Rasa kangen akan masakan kampung, masakan rumahan jadi terobati.

Bersama mbak Dani, owner RM Prazman Gunung Sindur, Bogor.

Kalau sobat mlaqumlaqu, pengen nyicipin masakan kampung apa nih yang ada di RM Prazman, Gunung Sindur, Bogor? Sila komen di bawah,ya.









5 komentar

  1. Kebayang ih ketika kalian makan ha ha ha ,kabitaaaaaaaaa...ditengah banyak makanan kekinian makanan rumahan tetap number one

    BalasHapus
  2. Mbaaak, asli kalau makanan kampung itu emang ngangenin. Walaupun sederhana, tp rasanya tidak tergantikan dgn kuliner2 modern kekinian. Aku ngiler bgt sm tumis oncomnya mbak, secara aku penggemar oncom, plus emg agak tricky klo bikin makanan yg terbuat dari oncom. RM Prazman di Gunung Sindur kelihatannya tempat yang pas banget buat kita yang kangen sama masakan rumahan yang autentik dan ngangenin. Thanks rekomendasinya mbak!

    BalasHapus
  3. OMG, saya paling senang kalau lagi keliling luar kota cari rumah makan tradisional prasmanan seperti Prazman ini. Apalagi lengkap pisan menunya juga. Soal tumis daun gedang (pepaya), emang agak pahit. Biasanya aku makannya dicocol sambal pedas, untuk mengurangi rasa pahitnya.

    BalasHapus
  4. Makanan kampung itu paling dikangenin. Perpaduan cita rasa rempah dan cara memasaknya bikin makanan kampung selalu ingin dinikmati. Kehangatan tercipta di setiap masakannya ya Mba.

    BalasHapus
  5. Ya ampun, masakannya menggoda banget ini masakan kampung buatan nenekku. Iya tumis daun pepaya kalau ngga jago rasanya pahit, ya.. pintar nih ngolahnya..

    BalasHapus

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.