Kopi Bah Sipit cap Kacamata: Toko Kopi Tertua di Bogor

Hola sobat mlaqumlaqu. Apa kabar? Adakah penikmat kopi di sini? Wahh banyak juga.Toss ahh samaan kita. Di pagi atau sore hari menikmati secangkir kopi ditemani dengan camilan seperti singkong atau pisang rebus, atau roti gambang..aah nikmatnya. Apalagi kalau kopinya baru saja digiling, duh aromanya tentu sangat menggoda.

Ngomongin toko kopi, ada banyak toko yang menjual kopi baik di Jakarta maupun di daerah lain di Indonesia. Namun kali ini saya mau mengulas toko kopi tertua yang ada di kota Bogor. Yup, toko kopi ini bahkan berdiri sebelum Indonesia merdeka lho. Penasaran kan dengan tokokopi tertua ini? Cekidot ya.

Kopi Bah Sipit, toko kopi tertua di Bogor

Kopi Bah Sipit, toko kopi tertua di Bogor

Toko kopi yang berlokasi di Jalan Empang No.27, Bogor ini letaknya berada di pinggir jalan tidak jauh dari mal BTM dan dilewati oleh kendaraan umum (angkot) dan juga Bus Kita Trans Pakuan. Toko kopi Bah Sipit cap Kacamata, itulah nama toko kopi yang kini dikelola oleh Nancy Yusuf Wahyuni atau akrab disapa Nancy, keturunan ketiga dari pendiri dan pemilik toko kopi Bah Sipit.

Sang pendiri, Yoe Hong Keng adalah seorang China asli yang tertarik untuk mulai menjajakan kopi karena menurutnya kopi bagaikan emas yang mempunyai nilai jual tinggi. Sebelum menjajakan kopi, toko Bah Sipit ini menjual barang kelontong keperluan sehari-hari. Kopi yang beliau jual merupakan kopi yang diolah sendiri dan mulai menggunakan merk dagang sendiri yaitu Kopi Bubuk Bah Sipit cap Kacamata.

Oiya sobat mlaqumlaqu,toko kopi Bah Sipit ini mulai berdiri sejak tahun 1925, wahh..sudah hampir 100 tahun ya? Tokonya sendiri cukup sederhana, dari luar tampak seperti toko pada umumnya tidak seberapa luas namun cukup untuk menampung 10-15 penikmat kopi yang hendak mencicipi kopi Bah Sipit di tempat. Terdapat berbagai foto jadul yang menggambarkan sejarah kota Bogor dan sekitarnya.


Terdapat etalase tempat toples berisi kopi dan juga yang sudah dikemas serta beberapa alat minum seperti cangkir kopi dan alat untuk menyeduh kopi. Selain menjajakan kopi bubuk siap seduh yang dikemas, di toko kopi Bah Sipit ini juga menyediakan kopi siap minum yang dikemas dalam botol-botol. Untuk camilannya mereka juga menyediakan roti gambang dan bakpao sebagai teman minum kopi, terkadang tersedia juga cookies namun sifatnya occasional aja karena intinya mereka menjual kopi.

Beberapa kali saya menyambangi toko kopi Bah Sipit ini ketika singgah di kota Bogor. Namun sayangnya toko kopi tertua di kota Bogor ini hanya buka sampai sore saja. Jam operasional mereka mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Untuk jenis kopi yang di jual yaitu jenis kopi robusta dan mengambil dari para petani kopi di Bogor dan Lampung yang diproses alami tanpa penambahan apapun. Para penikmat kopi yang membeli kopi bubuk di toko kopi Bah Sipit ini bukan hanya dari Bogor saja tapi juga sampai ke daerah-daerah lain bahkan hingga luar negeri sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

Kopi bubuk yang dikemas menggunakan kemasan lama berupa kertas coklat dan stempel Bah Sipit dengan gambar kaca matanya. Menariknya, desain cap pada kemasan dan juga nama yang tertera di papan nama toko merupakan hasil desain teman sekaligus tetangga dari Bah Sipit. Desain karyanya tersebut tetap dipergunakan sebagai ciri khas toko kopi Bah Sipit.


Nah sobat mlaqumlaqu yang sedang berkunjung ke kota Bogor dapat menyempatkan diri mampir ke toko kopi Bah Sipit ini dan nikmati sensasi ngopi di toko kopi tertua di kota Bogor. Kalau di kota kalian, ada ngga ya toko kopi yang juga sudah lama atau legend seperti toko kopi Bah Sipit? Share yuk di kolom komen.








11 komentar

  1. waah, aku suka nih mengunjungi tempat seperti ini, sudah pasti menyimpan kenangan dan rasa nikmat yang selalu konsisten terjaga untuk memuaskan banyak hati yang menikmati kopi dan cemilan disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya banyak kenangan yang kalau pemiliknya sendiri ceritakan tuh berasa banget

      Hapus
  2. Kalo dari stasiun Bogor deket nggak mbak jadi pengen seruput kopi di sini juga. 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga taerlalu jauh kok, naik angkot bisa.Kan ada aku tulis juga.

      Hapus
  3. Pankapan main ke Bogor lagi boleh juga nih singgah ke sana. Jadi membayangkan, sambil seruput kopi dan menikmati nuansa di sana yang legend banget ya mbak, bisa menikmati juga roti gambang

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalo pas cuaca gerimis gitu ya, jadi tambah sahdu

      Hapus
  4. Wah, sayang banget toko ini buka sampe sore aja. Soalnya biasanya kan orang-orang banyak nongkrong sambil ngopi tuh malam-malam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, karena toko kopi Bah Sipit ini sebenarnya memang jual kopi aja, kalo untuk semacam kafe atau warung kopi mereka ngga bisa sampe malam.

      Hapus
  5. Waduuuuh, aku baru tau ada toko kopi legend di situ! Terakhir ke Bogor aku sempet jalan-jalan di sekitar Jalan Empang, padahal. Tau gitu mah mampir ke sana.

    BalasHapus
  6. Penasaran mau nyoca nyicipin, lain kalj kl ke bogor mau mampir ah kesini

    BalasHapus

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.