5 Hidangan Khas Lebaran Favorit di Rumah yang Resepnya dari Telkom Indonesia

Halo sobat mlaqumlaqu, alhamdulillah sudah memasuki hari ke 22 di bulan puasa Ramadan tahun ini. Bagaimana puasa sobat semua nih? Semoga lancar semua ya dan ibadahnya diterima Allah SWT, aammiin. Nah sobat mlaqumlaqu, biasanya nih di minggu-minggu terakhir jelang hari Lebaran, selain semakin meningkatkan amal ibadah, kita juga mulai disibukkan dengan persiapan menyambut hari Lebaran. Ada yang mulai menyiapkan outfit keluarga, bebersih rumah, dan yang paling ngga ketinggalan yaitu menyiapkan hidangan apa aja yang akan disajikan di Hari Raya Idul Fitri nanti.

Ngomongin hidangan khas Lebaran, biasanya setiap keluarga memiliki hidangan favorit yang akan disajikan di hari raya, begitu juga dengan saya dan keluarga. Hidangan favorit keluarga saya mungkin saja sama dengan hidangan yang ada di keluarga lain tapi walau begitu hidangan khas Lebaran favorit ini saya kerjakan sendiri bersama anak-anak.

Makanan Khas Lebaran yang Wajib Ada 

Momen Lebaran memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah kita menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Lebaran atau Idul Fitri menjadi momen di mana kita dapat kembali ke fitrah kita setelah sebulan penuh memanfaatkannya dengan lebih banyak melakukan amal kebaikan. Menyambut momen Lebaran ini ada tradisi di negara kita yang biasanya menyiapkan makanan khas yang biasanya hanya ada di hari-hari spesial seperti Hari Raya Idul Fitri ini.

Berikut makanan khas lebaran yang wajib ada di keluarga saya, yang biasanya kalau di hari biasa saya jarang sekali memasaknya.

1. Opor ayam

Masakan khas Lebaran ini saya yakin ada di setiap keluarga. Yup, opor ayam merupakan salah satu hidangan khas Lebaran yang menjadi favorit hampir di setiap daerah di Indonesia. Masakan yang terdiri dari potongan daging ayam yang dimasak dengan menggunakan bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, sereh, dan ditambahkan santan untuk memberikan rasa gurih dan kental pada hasil akhir masakan.

2. Sambel goreng kentang dan hati sapi
Selain opor ayam, masakan khas Lebaran satu ini juga sering kali ngga pernah ketinggalan di meja makan keluarga saya. Sejak masih kecil dulu, almarhumah ibu saya memasak hidangan khas Lebaran ini, Sambel goreng kentang dan hati sapi. Biasanya, sehari jelang Hari Raya saya dan kakak perempuan saya yang berbelanja keperluan dapur termasuk bahan-bahan untuk membuat masakan ini.
Masakan khas Lebaran yang wajib ada di rumah ini memang cocok menjadi teman pendamping makan opor ayam bersama ketupat. Opor ayam yang gurih dipadukan dengan Sambel goreng kentang dan hati sapi yang pedas membuat hidangan khas Lebaran ini menjadi menu favorit keluarga.

3. Semur daging
Semur daging ini juga salah satu makanan khas Lebaran yang wajib ada di tradisi keluarga saya. Daging yang biasa dipilih yaitu daging sapi bagian has dalam yang lebih banyak dagingnya dari pada lemaknya. Semur daging yang dimasak bukan jenis semur daging yang medok yang warnanya coklat pekat nyaris kehitaman seperti Semur daging khas Betawi yang biasa ada sebagai pendamping lauk di nasi uduk. Rasanya yang manis dan sedikit pedas dari lada membuat semur daging ini juga cocok menjadi pendamping Opor ayam di hidangan Lebaran.

4. Nastar dan Kastengel

Untuk kue kering yang dihadirkan sebagai makanan khas Lebaran dari tahun ke tahun yaitu Nastar dan Kastengel atau Nastar keju. Di keluarga besar saya biasanya yang membuat kue-kue Lebaran itu jatahnya kakak-kakak saya. Namun di keluarga kecil saya sekarang ini kami jarang membuat Nastar dan Kastengel, sebagai gantinya saya memesan pada tetangga atau teman. Jujur aja, membuat kue kering itu butuh kesabaran dan ketelitian karena bentuk dari kue kering ini termasuk kecil-kecil jadi butuh waktu lebih lama. Namun begitu anak-anak saya biasanya meminta jenis kue kering ini untuk ada di hidangan Lebaran kami.

5. Madu Mongso
Tidak banyak keluarga di sekitar tempat tinggal saya yang menyediakan hidangan khas Lebaran ini. Awalnya Madu mongso ini merupakan tape ketan yang sudah difermentasikan dan dimasak dengan menambahkan gula pasir hingga mengental dan kering. Setelah matang lalu dibungkus dengan kertas minyak menyerupai permen. Teksturnya sendiri kenyal dan padat, rasanya campuran asam dan manis. 

Googling resep makanan khas Lebaran dengan internet provider

Menyiapkan makanan khas Lebaran bagi yang nggak terlalu bisa masak seperti saya tentu saja cukup membingungkan. Bingung bahan apa yang harus disiapkan dan juga cara memasaknya. Tapi untungnya perkembangan teknologi sekarang ini yang cukup pesat dengan adanya jaringan internet membantu saya dalam mencari info yang saya butuhkan. Urusan mencari resep nggak kayak dulu lagi yang harus membuka buku resep atau majalah masakan. Cukup buka aja hape atau laptop dan searching deh resep apa yang kita inginkan. Namun begitu dibutuhkan internet provider yang mumpuni seperti IndiHome yang merupakan salah satu karya Tekom Indonesia yang membantu banyak pengguna untuk mencari sumber info yang dibutuhkan termasuk resep masakan.

IndiHome merupakan layanan internet rumah Triple Play dari Telkom Indonesia dengan kecepatan yang stabil di segala cuaca. Selain itu IndiHome menggunakan jaringan fiber optic yang mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 100Mbps. Mau nonton tayangan film atau scrol resep tetap lancar jaya nih, karena kabel fiber optic ini cukup tangguh dari gangguan elektromagnetik dan bahkan kilatan petir. Jadi walaupun di rumah aja, saya masih tetap bisa mendapatkan informasi dan tentu saja mengupload konten masakan saya ke sosial media hanya dari internetnya Indonesia. Berkonten ria bersama IndiHome jadi aktivitas tanpa batas.

Nah sobat mlaqumlaqu, dari ke lima hidangan khas Lebaran yang ada di rumah keluarga saya ini, mana nih yang sobat mlaqumlaqu juga hidangkan untuk keluarga di Hari raya Lebaran dan menjadi hidangan yang wajib ada?



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Hai..Terima kasih sudah mampir di blog saya. Tolong tinggalkan komen dengan bahasa yang santun, No Sara, No Politik.