Tips Memilih Pelembut dan Pewangi Pakaian Terbaik agar Travelling Nyaman

Hola sobat mlaqumlaqu, sudah memasuki bulan Juni nih tapi kok masih aja sering hujan ya. Jadi tantangan tersendiri nih kalo cuaca sering hujan agar agenda jalan-jalan tetap lancar. Utamanya persiapan barang bawaan seperti pakaian agar tetap wangi dan lembut serta nyaman di pakai selama perjalanan.

Pengalaman saya yang kalo lagi travelling seringnya gak mau terlalu repot bawa banyak pakaian. Apalagi kalo hanya beberapa hari saja. Apa aja sih yang biasanya saya persiapkan? Simak terus ya.

1. Siapkan tas yang mudah dibawa dan muat banyak, karena saya sering travelling sendirian saya prefer backpack atau ransel.

2. Siapkan pakaian yang bisa di mix n match. Dengan begitu saya tetap merasa modis walau sedang dalam perjalanan.

3. Gunakan pelembut pakaian dan pewangi pakaian agar kita tetap merasa nyaman dan percaya diri selama perjalanan.

Nah..ngomongin soal pelembut pakaian, saya punya rekomendasi produk pelembut pakaian Korea terbaik yang biasa saya gunakan untuk pakaian seluruh keluarga.

Molto Korean Strawberry, rekomendasi pelembut dan pewangi pakaian agar travelling nyaman

Pakaian yang nyaman selama travelling  penting banget tuh. Gak salah nih kalo pemakaian pelembut dan pewangi pakaian penting untuk menjaga pakaian selama perjalanan tetap wangi dan nyaman.

Nah Molto Korean Strawberry ini merupakan salah satu rekomendasi pelembut pakaian terbaik yang cocok untuk pakaian sekeluarga. Aroma strawberry yang segar serasa membawa kita mengunjungi kebun strawberry di Korea sana.

Berikut tips memilih pelembut dan pewangi pakaian agar travelling nyaman:

1. Pilih pelembut dan pewangi pakaian yang mampu menghilangkan 7 bau membandel seperti: bau keringet, bau apek, bau asap, bau polusi, bau amis, bau bawang dan bau badan.

2. Pilih yang aromanya segar seperti strawberry Korea, yang mampu membuat mood ceria selama perjalanan.

3. Pilih yang wanginya mampu bertahan lama hingga 7x, jadi membuat perjalanan makin bersemangat.

Rekomendasi produk Korean Strawberry

Produk Unilever selain Molto Korean Strawberry sebagai produk pelembut pakaian dan pewangi pakaian dengan aroma buah segar. Masih ada lagi varian Korean Strawberry di produk pembersih rumah tangga, seperti:

Superpell Korean Strawberry

Gak cuma di pelembut pakaian aja, aroma mewah Korean Strawberry ini bisa kita ciptakan juga di area ruangan di rumah kita khusuanya di lantai. Yup, dengan Superpell Korean Strawberry dijamin aroma strawberi Korea akan semerbak memenuhi ruangan.

Buat yang punya anak balita yang masih belajar merangkak, pas banget nihemggunakan Superpell Korean Strawberry karena teknologi power clean yang membuat lantai bersih berkilau tapi juga higinis. Apalagi wanginya bisa taham lama hingga 8 jam, pokoknya #WanginyaBikinJatuhCinta deh.

Sunlight Extra Korean Strawberry

Kalo lantai rumah udah semerbak aroma wangi Korean Strawberry, kayaknya perabot dapur juga perlu nih kecipratan wangi mewah dan segarnya. Yup, Sunlight Extra Korean Strawberry ini gak cuma mampu membersihkan lemak yang membandel, tapi juga mampu membuat piring, gelas dan perabot lain bersih, kesat dan segar.

Rinso Korean Strawberry powder

Urusan bau apek, bau tak sedap dan noda membandel pada pakaian, serahkan aja pada Rinso bubuk Korean Strawberry ini. Gak cuma bikin noda hilang hanya dengan 1x kucek, tapi juga bikin warna tetap cemerlang karena mengandung surfaktan yang mudah terurai.

Selain itu Rinso bubuk Korean Strawberry ini mengandung ekstra pelembut yang membuat serat kain jadi lembut dan halus. Untuk yang masih mengucek dengan tangan, Rinso Korean Strawberry ini juga tidak panas di tangan dan efektif membunuh bakteri dan virus. Belum lagi wangi Moltonya yang tahan lama hingga 21 hari. Pokoknya #WanginyaBikinJatuhCinta deh.

Produk keluaran Unilever baik itu pelembut pakaian dan pewangi pakaian Molto Korean Strawberry dan produk pembersih lainnya tersebut bisa dibeli secara online di E-commerce seperti Tokopedia dan JD.ID serta di supermarket terdekat.

Ke Bandung Naik Kereta Lokal Cuma 8Ribu, Seruu!!

Hai sobat mlaqumlaqu...wah udah lama nih gak sharing cerita perjalanan, gak terasa udah di akhir bulan Mei aja. Kali ini saya mau share cerita perjalanan saya ke Bandung dengan menggunakan kereta lokal. Sejak pandemi yang berlangsung 2 tahun ini, otomatis saya tidak melakukan perjalanan jauh ke luar kota, sob. Yah mengikuti anjuran pemerintah untuk stay di rumah aja dan tidak bepergian bila memang tidak penting banget. Nah alhamdulillah nih, tahun ini tepatnya mulai Lebaran kemarin kita udah bisa melakukan perjalanan jauh tanpa tes antigen atau swab asal sudah mendapatkan vaksin Covid 1 dan 2 untuk anak-anak usia 12-16 tahun dan vaksin booster untuk yang berusia di atas 17tahun.

Mengunjungi kota Bandung sebelum pandemi, sering saya lakukan hampir setiap bulan, entah karena ada kerjaan atau hanya untuk jalan-jalan aja. Minggu lalu, tepatnya hari Sabtu (28/5) saya memutuskan untuk ke Bandung dengan menggunakan kereta. Kalo biasanya saya menggunakan kereta jarak jauh seperti Serayu di kelas ekonomi atau Argo Parahyangan di kelas bisnis dan eksekutif, kali ini saya pengen mencoba menggunakan kereta lokal. Selain lebih murah, saya pengen merasakan perjalanan yang lebih dari biasanya. Memang sih waktu yang ditempuh lebih lama, yaitu transit dan berganti kereta di stasiun Cikarang dan stasiun Purwakarta tapi saya menikmati sekali perjalanan kali ini.

Starting point di BSD

Untuk bisa sampai di Bandung dengan kereta lokal, kita bisa mulai dengan naik KRL (commuter line) di stasiun terdekat dengan tempat tinggal kalian. Kebetulan saat itu saya memulai startnya di stasiun Rawa Buntu, BSD. Sebelum memasuki stasiun dan mentap kartu masuk, saya melakukan scan melalui aplikasi PeduliLindungi dan di cek suhu tubuh oleh petugas. Oiya, protokol kesehatan tetap berlaku ya sobat sebelum dan selama menggunakan angkutan umum, jadi tetap pakai masker dan usahakan menjaga jarak.

Dari stasiun Rawa Buntu, BSD saya menuju stasiun Cikarang untuk berpindah kereta. Namun sebelumnya transit di stasiun Tanah Abang dan stasiun Manggarai. Tarif kereta dari stasiun Rawa Buntu menuju stasiun Cikarang yaitu sebesar 7ribu rupiah. Berhubung saya ada janji dengan teman di stasiun Kranji, jadi saya berhenti di stasiun Kranji tapi tidak keluar stasiun dan lanjut naik kereta lagi yang menuju Cikarang.

Walau kereta jurusan Bekasi cukup banyak, namun sayangnya untuk kereta jurusan Cikarang cukup terbatas dan ada jadwal tertentunya. Kalau saran saya sih sediakan waktu cukup untuk kita transit dan berganti kereta. Tiba di stasiun Cikarang pukul 11.00 WIB, kami langsung menuju pintu keluar dan bergegas ke loket kereta lokal dan antar kota untuk membeli tiket kereta Walahar jurusan Cikarang -  Purwakarta dengan jam keberangkatan pukul 13.10WIB.

Berganti Kereta Walahar Ekspres di stasiun Cikarang

Karena kereta yang saya naiki merupakan kereta lokal, jadi saya harus membeli tiket terpisah dari commuter line, tarifnya sendiri sebesar 4ribu rupiah. Ketika membeli tiket kita harus menyertakan KTP atau identitas lain karena petugas membutuhkan NIK kita sebagai data penumpang yang terintegrasi dengan data di Kementrian Kesehatan terkait status apakah kita sudah divaksin atau belum.
                                                jadwal kereta Walahar Ekspres
antri tiket Walahar Ekspres di stasiun Cikarang

tiket kereta lokal

Tanpa membuang waktu kami bergegas menuju kereta Walahar yang sudah tersedia di jalur 4 di stasiun Cikarang. Berhubung hari Sabtu, penumpang kereta Walahar ini cukup banyak dan terlihat kursi-kursi di dalam kereta terisi penuh. Banyak keluarga yang bepergian dengan anak-anaknya, juga terlihat segerombol anak-anak muda yang juga hendak bepergian menikmati akhir pekan. Kereta Walahar jurusan Cikarang - Purwakarta ini merupakan kereta lokal dengan gerbong sebanyak 7 gerbong, tiap gerbong dengan tempat duduk berdampingan 2-2 dan 3-3. Fasilitas kereta lokal ini juga gak kalah dengan kereta jarak jauh lainnya yaitu adanya pendingin (AC) dan stop kontak untuk mencharge gawai kita sepanjang perjalanan. Cukup nyaman dengan harga yang murah meriah.

Perjalanan dari stasiun Cikarang menuju stasiun Purwakarta dengan menggunakan kereta Walahar ini memakan waktu sekitar 1 jam 42 menit, dan berhenti di beberapa stasiun antara lain Stasiun Cikarang, Stasiun Lemahabang, Stasiun Kedunggedeh, Stasiun Karawang, Stasiun Klari, Stasiun Kosambi, Stasiun Dawuan, Stasiun Cikampek, Stasiun Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta. Sepanjang perjalanan pemandangan mata disuguhi hamparan sawah dan pepohonan, sesekali melewati jalan raya yang membuat perjalanan jadi tidak terasa lama.
                                                    pemandangan sepanjang perjalanan

Sesampainya di stasiun Purwakarta waktu sudah menunjukkan jam makan siang, sementara kereta Cibatu yang akan kami naiki jam keberangkatannya masih lama yaitu pukul 16.10WIB. Sambil menunggu jam loket buka sekitar pukul 15.00WIB, kami putuskan untuk mengisi perut yang sedari tadi keroncongan ini hehehe.

Ada banyak rumah makan dan juga objek wisata yang bisa dikunjungi untuk kita beristirahat sambil makan siang dan menunggu jadwal kereta selanjutnya. Tapi kalau mau yang deket-deket stasiun aja kalian bisa mengunjungi kuburan kereta atau museum.

bangkai gerbong kereta

- Kuburan Kereta Api Stasiun Purwakarta, berlokasi di area stasiun kereta Purwakarta, letak kuburan kereta ini memang satu area dengan stasiun Purwakarta. Kenapa disebut kuburan kereta, karena sebagai tempat menumpuknya bangkai gerbong kereta yang sudah tidak terpakai baik karena rusak atau karena memang sudah tua.

- Bale Panyawangan Diorama Nusantara, berada dekat stasiun Purwakarta tepatnya di Jalan KK Singawinata, Nagri Tengah. Museum ini berisi sejarah Nusantara mulai dari zaman prasejarah, kerajaan, penjajahan, kemerdekaan hingga situsai sejarah masa kini yang ditampilkan dengan media digital seperti video mapping, layar sentuh, buku digital dan buku bercerita.
Ke Bandung dengan kereta lokal
                                                   Yeay..sampai Purwakarta

Berganti Kereta Lagi dengan Kereta Garut Cibatuan

Selesai beristirahat sekaligus makan siang, sekitar jam 15.00 WIB kami bergegas menuju loket untuk membeli tiket kereta Garut Cibatuan. Terlihat calon penumpang sudah banyak yang datang dan mengantri di loket, kami menyiapkan KTP dan uang sebesar 8ribu rupiah untuk tiket kereta. Cukup murah ya dengan harga segitu kita bisa menggunakan kereta hingga tujuan Garut.

Tepat jam 16.00 WIB kereta Garut Cibatuan tiba di stasiun Purwakarta dan kami segera masuk untuk boarding dan menuju gerbong kereta. Susunan tempat duduk di kereta Garut Cibatuan ini sama seperti kereta lokal lainnya yaitu deret kursi 2-2 dan 3-3 dimana tiap baris kursi terdapat stop kontak dan gerbong yang berpendingin ruangan (AC).
                                           tiket kereta Garut Cibatuan cuma 8ribu

Perjalanan menuju stasiun Bandung dengan kereta Garut Cibatuan ini dari stasiun Purwakarta berangkat pukul 16.15 WIB dan tiba di stasiun Bandung pukul 18.57 WIB. Sepanjang perjalanan kereta kami disuguhi pemandangan pegunungan, sawah dan perumahan penduduk yang bisa dibilang tidak kami temui di Jakarta. Bepergian menggunakan kereta juga cukup mengasyikan bila dilakukan bersama keluarga, apalagi anak-anak yang tentunya sangat excited bisa bepergian dengan kereta.

Perjalanan ke Bandung yang memakan waktu sekitar 2 jam 47 menit ini berhenti di stasiun Purwakarta, Stasiun Ciganea, Stasiun Sukatani, Stasiun Plered, Stasiun Cikadongdong, Stasiun Rendeh, Stasiun Maswati, Stasiun Sasaksaat, Stasiun Cilame, Stasiun Padalarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Cimindi, dan  Stasiun Bandung. Berhubung ada teman yang akan menjemput di Stasiun Padalarang, maka kami putuskan untuk berhenti di Stasiun Padalarang dan lanjut ke Bandung dengan mobil.
                                                  tiba di Stasiun Padalarang

Well sobat mlaqumlaqu, perjalanan ke Bandung kali ini memang terasa panjang namun kami menikmati setiap menit perjalanan yang kami lakukan, apalagi dari ongkos yang kami keluarkan juga cukup murah meriah. Buat kalian yang berminat mencoba ke Bandung naik kereta lokal, it's worthed to try. Coba deh.

Tips Tampil Segar dan Sehat Saat Piknik dengan Serum Pencerah Wajah Terbaik

Halo sobat mlaqumlaqu, udah masuk bulan Maret nih, siapa yang kangen piknik? Sama donk...saya juga udah kangen banget nih piknik-piknik cantik bareng keluarga atau sahabat. Sayangnya pandemi yang masih melanda negara kita ini membuat kita terpaksa menahan diri untuk melakukan perjalanan wisata. Namun begitu semangat untuk melakukan traveling atau sekedar piknik kecil tetap menyala dan kita masih bisa melakukan virtual travelling.

Memang sih beda rasanya melakukan travelling secara nyata dengan travelling secara virtual. Bila melakukan travelling secara nyata kita akan merasakan secara langsung suasana perjalanan, cuaca setempat, bahkan menikmati kuliner sepanjang melakukan wisata. Nah sobat mlaqu, sambil menunggu waktu yang pas untuk melakukan travelling secara nyata, ada baiknya kita melakukan beberapa persiapan antara lain menjaga kondisi tubuh dengan pola hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang, banyak minum air putih, berolahraga dan menjaga penampilan wajah agar tetap sehat, cerah, halus dan lembut dengan perawatan serum pencerah wajah terbaik.

Baca juga: Nyobain menu di kafe Perpusnas

Tips tampil segar dengan serum pencerah wajah terbaik

Punya wajah cerah, halus, dan lembap seperti Wendy Red Velvet, emang jadi dambaan nih. Apalagi kalau yang suka travelling tuh, bakalan sering banget deh terpapar sinar matahari. Nah oleh sebab itu sobat mlaqumlaqu kita harus menjaga kulit wajah kita agar tetap tampil sehat, segar dan cerah walau sedang travelling. Perawatan wajah itu nggak instan ya, sob..tetap ada prosesnya. Salah satunya dengan rutin membersihkan dengan skinker dan serum pencerah wajah.

Apalagi kalo kita menggunakan serum pencerah wajah terbaik sedari dini, tentu hasilnya akan lebih terlihat. Pas banget nih, saya mendapatkan rekomendasi serum pencerah wajah terbaik dari teman saya, sob. Namanya Triple Glow Serum, formula terbaru dari Pond's yang selain dapat mencerahkan, melembutkan, tapi sekaligus melembapkan wajah kalian.

Produk Triple Glow Serum pencerah wajah terbaik dari Pond's ini selain berbentuk krim juga berbentuk sheet mask, lho. Jadi kita akan mendapatkan bukan lagi satu atau dua kekuatan serum pencerah wajah melainkan mendapatkan 3 kekuatan dari serum pencerah wajah terbaik. Apa aja sih 3 kekuatan dari Triple Glow Serum Pond's ini? Penasaran kan?

Pond's Bright Beauty Triple Glow Serum

Menggunakan serum pencerah wajah menjadi salah satu perawatan wajah agar kulit wajah tetap sehat, segar dan cerah. Kandungan dari Triple Glow Serum yang merupakan konsentrat serum pencerah wajah terbaik yang mampu bekerja 60X lebih efektif dari Vitamin C. Untuk lebih jelasnya nih, ini dia 3 kandungan kekuatan Triple Glow Serum:
  1.  Mencerahkan dengan Gluta-Boost-C, yang mengandung glutathione, antioksidan yang dikenal mampu mencerahkan kulit. Formula unik Gluta-Boost-C ini efektif menyamarkan flek hitam, untuk wajah tampak cerah dan warna kulit merata.
  2. Melembutkan dengan Vitamin B3+, yang berfungsi menyamarkan pori untuk wajah tampak mulus.
  3. Melembapkan dengan Hyaluronic Acid, yang menyerap mendalam ke setiap lapisan epidermis kulit untuk wajah tampak lembap berkilau.

Asyiknya lagi kemasan Pond's Triple Glow serum ini tersedia dalam kemasan praktis dan ekonomis, lho. Selain praktis dan ekonomis, kemasan sachet 7,5 gram ini sebagai tester, jadi seandainya cocok baru deh kita bisa membelinya dalam kemasan botol yang lebih besar. Tekstur Triple Glow Serum ini cukup ringan, walau agak kental tapi setelah saya aplikasikan ke wajah cukup mudah menyerap, tidak lengket dan aromanya juga cukup lembut.

Untuk menggunakan Triple Glow Serum ini juga mudah, kok. Setelah wajah kita bersihkan, lalu gunakan 3 in-1 Potion Essence, setelah itu teteskan 2-3 tetes Pond's Bright Beauty Triple Glow Serum di wajah dan ratakan. Tepuk perlahan agar serum pencerah wajah ini menyerap ke kulit. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, lanjutkan dengan pelembap.

Pond’s Bright Beauty Triple Glow Serum Mask

Tidak berbeda dengan Triple Glow Serum, Triple Glow Serum Mask ini dapat membantu kita mendapatkan kulit wajah yang cerah, sehat dan halus serta bernutrisi. Triple Glow Serum Mask yang merupakan produk baru Pond's ini mengandung serum 100x lebih banyak dari sheet mask Niacinamide lainnya yang membantu mencerahkan, menghaluskan, dan melembapkan kulit dalam 1 kali pakai.

Kemasan Triple Glow Serum Mask ini tersedia dalam kemasan praktis berisi 1 lembar sheet mask. Sama seperti Triple Glow Serum pencerah wajah yang mengandung 3 kekuatan dengan kandungan Gluta-Boost-C, vitamin B3+ dan juga Hyaluronic Acid yang semuanya membantu mencerahkan, menyehatkan dan melembabkan kulit wajah.

Untuk cara penggunaan Triple Glow Serum Mask ini yaitu:
  • Bersihkan wajah dari bekas make up, debu dan kotoran.
  • Keluarkan dan buka lembaran masker.
  • Sesuaikan masker dengan bentuk wajah.
  • Biarkan masker menutrisi kulit selama 15-20 menit.
  • Lepaskan masker dan lanjutkan dengan memijat perlahan, agar sisa serum yang ada dapat terserap di wajah dan leher.
  • Jangan bilas dan rasakan kulit wajahb kita yang ternutrisi dengan serum pencerah wajah menjadi halus dan lembut.
Oiya, pemakaian Triple Glow serum pencerah wajah ini baru 3 hari saya pakai, tapi efek lembab sudah saya rasakan. Setelah pemakaian kurang lebih 2 minggu, kalo cocok, wajah kelihatan lebih cerah dan lembab.Bagi yang berjerawat, serum pencerah wajah ini juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Serum ini bahkan tidak bikin perih ketika diaplikasikan di kulit yang sedang berjerawat. 2 minggu lagi akan saya update ya bagaimana kondisi kulit wajah saya setelah menggunakan serum pencerah wajah terbaik ini.

Kalau wajah sehat, segar, halus dan lembut dengan serum pencerah wajah terbaik, mau piknik atau travelling pun juga jadi lebih pede, ya nggak sob?

Menjajal Spot Foto Instagramable di SkyWalk SPark

Hai sobat mlaqu-mlaqu, mengawali tahun 2022 ini saya mau info tentang spot foto instagramable di daerah selatan Jakarta, tepatnya di Senayan. Sobat mlaqu kenal donk dengan Taman Ria Senayan? Yup, tempat wisata yang sempat hype di era 70-80an sampai 90an ini menjadi lokasi spot foto instagramable yang kini sedang happening. Namanya memang berganti, bukan lagi Taman Ria Senayan, melainkan Senayan Park atau dikenal dengan SPark.

Setelah melalui proses renovasi, Taman Ria Senayan kini berganti menjadi SPark Mall dan resmi dibuka tahun 2010. Tetap menyajikan tempat hiburan untuk keluarga tapi konsepnya beda dengan Taman Ria Senayan dulu. Nah di SPark inilah terdapat lokasi spot foto instagramable skywalk bridge yang lokasinya berada di dalam SPark Mall. Dibuka resmi untuk umum sejak 20 Desember 2021 lalu dan langsung menyita perhatian masyarakat. Untuk dapat menjangkau area spot foto skywalk bridge Spark ini cukup mudah dan memang tidak dikenakan biaya masuk alias free entri.

Jadi untuk memasuki area spot foto instagramable skywalk SPark ini, kita harus memasuki SPark Mall dengan syarat sudah vaksin, mematuhi protokol kesehatan dan melakukan scan barcode pedulilindungi. Dari dalam mall ini kita bisa langsung menuju area spot foto skywalk dengan menggunakan lift khusus yang ada di depan restoran atau juga dari lobby utama (Truntum) dengan menaiki eskalator menuju lantai R (RoofTop) dan masuk melalui Time Zone.

Baca juga : Nyobain Menu di Kafe Perpusnas

Hunting spot foto instagramable di skywalk bridge SPark

Skywalk bridge SPark ini berlokasi tepat di Jalan Gerbang Pemuda Senayan, di seberang komplek Gelora Bung Karno. Area skywalk bridge ini memang berada dalam lingkungan Mall SPark dengan luas area sekitar 11 hektar termasuk danau. Berbagai tenant terdapat di dalam area SPark Mall ini.
ada air mancurnya juga

lewat pinggir danau nih

Di kejauhan terlihat desain skywalk bridge SPark ini dibuat melingkar, ada unsur kayu yang menambah estetis. Kami melewati pinggir danau sebelum menuju skywalk bridge melalui pintu belakang, tepatnya melalui lift yang berada di depan restoran seafood. Liftnya sendiri transparan, jadi bisa melihat situasi luar dari dalam lift dan sesampainya di roof top baru deh terlihat skywalk bridge nya.

Untuk memasuki area skywalk bridge SPark ini, kita harus mengantri terlebih dahulu karena jumlah pengunjung yang dibatasi maksimal 100 orang. Terdapat penjaga yang standby di area tangga sebelum menaiki skywalk bridge, jadi gak bisa menerobos antrian ya.
antri yuk antri

habis hujan nih

memanfaatkan spot instagramable

Menaiki skywalk bridge ini kita sudah bisa melihat pemandangan Jakarta dan gedung-gedung bertingkatnya. Terlihat juga beberapa area hijau di sekitar GBK. Makanya area skywalk bridge ini selalu ramai dipenuhi pengunjung yang ingin mengabadikannya baik berupa foto maupun video, apalagi kalo dapat momen pas matahari terbenam dan cuaca cerah, wah cantik banget deh pemandangannya.

Oiya, selain itu di skywalk SPark ini juga terdapat 2 buah teropong permanen yang dapat digunakan sebagai sensasi pengalaman melihat Jakarta dari ketinggian. Namun untuk sementara ini tidak dapat digunakan untuk umum. Ketika saya berkunjung teropong tersebut tampak ditutupi oleh penutup hitam dari plastik.
hanya boleh dipijak 1 orang saja

sparkling moms :p

Sayangnya saya tidak sempat mendapatkan momen sunset di skywalk bridge SPark, tapi sudah cukup senang kok melihat sendiri spot foto instagramable yang lagi happening di Jakarta. Oiya, terakhir kali saya berkunjung ke SPark (11/01), petugas keamanan mengatakan bahwa skywalk bridge Spark ini sedang dalam pemeliharaan hingga seminggu ke depan. Mungkin karena beberapa hari ini cuaca Jakarta hujan terus jadi pihak manajemen SPark perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan. Kebetulan juga saat itu cuaca hujan deras dan riskan sekali untuk menaiki skywalk bridge tersebut.

Jam operasional skywalk bridge dan rute menuju SPark

Buat sobat mlaqumlaqu yang penasaran mau berselfie ria di skywalk bridge SPark ini jangan lupa jadwal beroperasinya ya. Mulai buka jam 15.00-21.00 WIB untuk skywalk bridge, sedangkan untuk SPark Mall buka dari pukul 10.00-22.00 WIB. Kalau saran saya sih waktu yang tepat untuk mengambil spot foto di senja hari kala matahari beranjak tenggelam ya sekitar pukul 17.00-18.00 WIB.

Namun perlu diingat peraturan yang ditentukan ketika sobat hendak menaiki skywalk bridge ini ya. Bagaimanapun skywalk bridge SPark ini dibatasi hanya untuk 100 orang. Hal tersebut untuk menjaga kondisi, keseimbangan dan keamanan konstruksi jembatan tersebut.
ini dia peraturannya ya

Jika sobat hendak membawa adik, ponakan, atau anak-anak yang masih kecil, jangan lupa untuk tetap diawasi ya, jangan sampai berlari-larian di jembatan skywalk SPark ini. Selain mengganggu sekeliling, juga dikhawatirkan bila terjatuh dan mencelakakan diri sendiri dan juga orang lain.

Sewaktu saya dan sobat mlaqumlaqu saya mbak Diah dan Tina berkunjung ke skywalk bridge SPark ini kami menggunakan transportasi kereta (commuter line). Kami janjian di stasiun Palmerah jam 14.30 WIB dan dari stasiun kami sambung lagi dengan menggunakan bus TransJakarta jurusan Stasiun Palmerah - Tosari dan berhenti tepat di halte Taman Ria.

Tapi kalau sobat menggunakan kendaraan pribadi, kalian dapat memarkir kendaraan kalian tepat di sebelah kiri Mall SPark. Selain menggunakan kereta, kalian juga bisa menggunakan alternatif  transportasi lain seperti MRT turun di stasiun MRT Senayan lalu disambung dengan menggunakan ojek online.

So..sudah siap untuk ikut mencoba juga berselfie ria di spot foto instagramable skywalk bridge SPark ini? Share di kolom komen ya bagaimana pendapat kalian tentang tempat tersebut.
jelang sunset

Nyobain Menu yang Ada di Kafe L Perpusnas

Hai sobat mlaqumlaqu, apa kabarnya nih? Buat sobat yang suka ke perpustakaan, tau donk dengan Perpustakaan Nasional aka Perpusnas yang ada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, tepatnya di sebrang parkir IRTI Monas. Gedung Perpusnas yang sudah berdiri sejak 2017 ini jadi salah satu tempat favorit saya dan anak-anak. Bukan saja menyediakan aneka buku bacaan mulai dari buku ilmiah, fiksi dan non fiksi hingga bacaan anak-anak, tapi juga karena fasilitas yang disediakan di Perpusnas termasuk paket lengkap.

Gimana gak lengkap coba, mulai dari fasilitas toilet yang terpisah di tiap lantai dan juga lobby masuk, ada mesjid di lantai 6 dan mushola di lantai 9, ada kantin di lantai 4, kafe di lantai 1, bahkan ada studio musik di lantai 8, dan  fasilitas multimedia  khusus peneliti di lantai 3 juga ruang musik gamelan Jawa juga ada. Mantap kan, sob?

Baca juga: Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas

Nah kali ini saya mau ngomongin tentang kafe L yang berada di lantai 1 atau lobby dalam. Senangnya nongkrong di Perpusnas ini ya kayak gini, kalo lapar gampang, tinggal pilih aja mau ngisi perut di mana. Baik kantin di lantai 4 atau kafe L di lantai 1 punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi keduanya sama-sama bisa mengenyangkan hehehe.

Baca juga: Layanan Multimedia Khusus untuk Peneliti di Perpusnas

Lokasi kafe L Perpusnas

Kafe L di Perpusnas ini menempati posisi di sebelah kanan ketika kita memasuki pintu lobby lantai 1 bersebelahan dengan pintu keluar belakang. Oiya, prosedur untuk dapat memasuki gedung Perpusnas sangat mudah, kok. Kalo dulu kita harus mendaftar online, tapi sekarang gak perlu lagi, yang penting kita sudah memenuhi syarat divaksinasi Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan selama berada di dalam gedung Perpusnas. Jadi sebelum memasuki gedung Perpusnas, kita harus melakukan scan barcode aplikasi pedulilindungi di pintu masuk dan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Walau tempatnya tidak begitu luas seperti kantin di lantai 4 tapi cukup nyaman dengan ambience yang simple, juga menu yang cukup menarik. Memasuki kafe L ini, tepat di sebelah kiri terdapat sofa merah dengan meja panjang dengan latar belakang lukisan gedung Perpusnas.

Di sebelah kanan pintu masuk terdapat 3 buah meja terpisah dengan 2 buah bangku tiap meja, 2 buah meja berbentuk panjang dan yang di tengah meja berbentuk bulat berwarna putih dengan bangku kayu. Oiya, di pinggir terdapat partisi kaca yang juga sebagai rak dengan buku-buku yang siap dibaca sambil menunggu menu yang kita pesan. Sementara itu di sebelah sofa merah terdapat ruang servis kafe dan juga kasir.

Kafe L Perpusnas ini sebenarnya didesain satu setengah lantai. Satu lantai di bawah, setengah lantai lagi di atasnya cukup untuk 3-4 meja tamu dengan duduk lesehan. Mereka menyediakan bean bag sebagai pengganti kursi. Posisi tangga tepat lurus di depan pintu masuk di mana di belakang tangga terdapat meja panjang tinggi cukup untuk 2-3 pengunjung.

Sebelum pandemi, saya dan anak-anak paling suka duduk lesehan di lantai atas. Biasanya bisa sambil tidur-tiduran juga tuh saking nyamannya. Tapi sejak pandemi ini pemilik kafe tidak membuka lantai atas untuk meminimalisir penularan virus corona, jadi hanya tempat duduk di bagian bawah saja yang digunakan.

Menu yang ada di kafe L Perpusnas ini cukup variatif, mau masakan lokal atau non lokal juga ada. Mau makan cemilan atau makan makanan berat juga ada. Untuk minuman pun, ada yang kopi dan non kopi serta yang panas dan yang dingin. Cukup lengkap, deh dan tinggal pilih aja sesuai kesukaan.

Menu di kafe L Perpusnas

Saking seringnya saya berkunjung ke Perpusnas, saya tertarik juga untuk mencicipi menu di kafe L Perpusnas ini. Berikut beberapa menu yang sudah pernah kami cicipi.

1.Nasi Gobing

Dari namanya terdengar unik ya, padahal nasi gobing itu kepanjangan dari nasi goreng kambing hehehe. Seperti nasi goreng kambing pada umumnya, nasi gobing ini lumayan besar porsinya, cukup untuk 2 orang sih. Untuk rasa, saya cukup cocok dengan rasa bumbu yang ada di nasi gobing ini dengan potongan daging kambing yang lembut. Untuk tingkat kepedasannya kita bisa request ketika memesan.

2.Nasi Goreng Naga

Kalo ini dari namanya pasti udah tau donk. Yup, nasi goreng naga ini merupakan nasi goreng yang dalam pembuatannya menggunakan buah naga sebagai campurannya. Rasanya? Walau dominan rasa dari bumbu nasi goreng, tapi sensasi rasa dari buah naga masih terasa walau tidak terlalu mendominasi. So far sih saya cocok dengan nasi goreng buah naga ini.

3.Kwetiau Goreng

Kwetiau goreng di kafe L ini berisi kwetiau yang ditumis dan dicampur telor, suiran daging ayam, bakso, wortel, kol, sawi hijau. Untuk rasa sih buat saya cukup bisa diterima lidah saya, kwetiaunya cukup kenyal dan lembut. Sebagai pendamping disediakan acar, sambal dan beberapa potong lalapan seperti potongan tomat, timun dan selada.

4.Sop Iga

Sop iga di sini tuh seger banget, dagingnya juga empuk, kuahnya juga gurih berasa bumbunya. Dengan harga 40k sudah lengkap dengan nasi, lalapan dan kerupuk.

5.Paket Ayam Geprek

Untuk menu ayam goreng di sini, mereka menyajikan paket ayam goreng yang digeprek dengan sambel di atasnya. Daging ayamnya cukup juicy dan lembut, kulitnya renyah, bumbunya juga berasa.

6.Pisang Bakar

Pisang yang dipakai di menu pisang bakar ini jenis pisang kepok yang dibakar dan ditaburi coklat pasta di atasnya.

8. Sandwich&French Fries

French fries dan sandwich

Frenchfries

Cemilan satu ini bisa dibilang termasuk cemilan berat karena cukup mengenyangkan. Untuk isian sandwichnya ada telor dadar, daging asap, daun selada, tomat dengan mayonaise dan saos cabai.

9.Spaghetti

spaghetti aglio o lio

spaghetti carbonara

Selain menu lokal, di kafe L Perpusnas ini juga menyediakan luar seperti spageti. Yang kami pilih ketika makan siang di sini yaitu spaghetti aglio olio dan spaghetti carbonara.

10. Aneka minuman lainnya

Untuk minuman, selain kopi yang disediakan di kafe L Perpusnas juga tersedia aneka jus buah dan non kopi. Untuk kopi saya suka Vietnam drip dan untuk teh, favorit saya teh poci.

Buat penggemar teh aur atau teh tubruk, kalian bisa mencoba teh poci di kafe L ini. Dihidangkan dengan menggunakan poci kecil yang terbuat dari tanah liat didampingi dengan gula batu. Oiya, porsi teh poci ini cukup untuk berdua dan kita bisa refill sekali. Dengan harga 15k rasanya cukup terjangkau ya.

Teh poci

Vietnam drip

Kafe perpusnas
Avocado juice dan Avocado coffee

Ice Lemon tea

Untuk jam operasional kafe ini mengikuti jam operasional Perpusnas namun 1 jam lebih lambat. Kalau Perpusnas buka jam 8.00 maka kafe L ini buka jam 9.00 dan tutupnya sama dengan Perpusnas yaitu jam 16.00 setiap hari. Walaupun masih PPKM level 2, tapi Perpusnas tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk pengunjungnya, begitu juga dengan di kafe ini.